Rabu, 03 April 2013

laporan IP


1.      Analisa
Dari percobaan yang telah diamati bahwa percobaan mengenai “ Karateristik Piringan Orifice dan Karateristik Tabung Venturi (flowmeter1 ) “ bahwa untuk mengukur laju alir digunakan dua buah tabung yaitu orifice dan venturi yang dipengaruhi oleh adanya tekanan dan tanpa tekanan. Berdasarkan pengamatan P2 akan lebih besar daripada P1 karena pada diameter/ luas pipa pada bagian masuk yang  mengakibatkan kecepatan fluida air bertambah sehingga tekanan headnya akan berkurang inilah P1 nya, begitu pula sebaliknya pada bagian keluar dimana diameter/ luas dari pipa akan membesar yang mengakibatkan kecepatan fluida berkurang dan tekanannya bertambah.
Laju alir menurut data dapat dihitung dengan menggunakan rumus tanpa tekanan dan adanya tekanan yaitu pada tabung orifice tanpa tekanan 1.0068 dm3/s sedangkan dengan tekanan 0.0471 dm3/s . Pada tabung venturi tanpa tekanan 1.442 dm3/s sedangkan dengan tekanan 0.03045 dm3/s. 1mmHg adalah 13.60 dari mmH2O.
Aplikasi dari venturi adalah penggunaan venturimeter pada sebuah PLTU , untuk mengukur debit aliran udara panas yang akan masuk ke pulverizer. Pada orifice , aplikasinya adalah Pembatasan aliran antara system pressure vessel dengan flare system, Terdapat recycle line dari suatu sistem yang bertekanan tinggi (discharge dari reciprocating compressor) dan masuk ke dalam sistem bertekanan rendah (vessel separator). Diinginkan untuk meregulasi tekanan dari fluida yang hendak di recycle dengan menggunakan control valve yang bukan special design.

2.      Kesimpulan
Dari percobaan yang telah diamati dapat disimpulkan bahwa :
1.      Flowmeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur debit suatu fluida yang menggunakan dua tabung yaitu tabung orifice dan tabung venturi
2.      Untuk menghitung laju alir digunakan dua rumus yaitu dengan tekanan dan tanpa tekanan. Pada tabung orifice tanpa tekanan 1.0068 dm3/s sedangkan dengan tekanan 0.0471 dm3/s . Pada tabung venturi tanpa tekanan 1.442 dm3/s sedangkan dengan tekanan 0.03045 dm3/s.
3.      Aplikasi dari venturi adalah penggunaan venturimeter pada sebuah PLTU , untuk mengukur debit aliran udara panas yang akan masuk ke pulverizer. Pada orifice , aplikasinya adalah Pembatasan aliran antara system pressure vessel dengan flare system.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar